3

Cara Install Backtrack 5

Sunday 9 December 2012
Share this Article on :
Apakah sobat sekalian ingin install Backtrack 5 tetapi belum mengerti bagaimana caranya atau masih takut melakukannya karena takut akan terjadi apa-apa pada komputer atau laptop sobat. Apalagi jika sobat sekalian sebelumnya sudah punya OS lain yang terinstall. Apa bisa dibuat Dual Boot atau Triple Boot??? Tenang saja sobat, bisa kok sobat memiliki Dual Boot ataupun Triple Boot atau lebih di komputer/laptop sobat. Tapi semua itu tergantung pada space HardDisk Komputer/Laptop sobat sekalian yaaa...
Baiklah, langsung saja kita mulai proses instalasinya. Dimulai dengan siapkan Free Space buat kita install Backtracknya nanti, kalau sobat belum tau caranya silahkan kunjungi DISINI. Jangan lupa Mempersiapkan Live USB atau live CD/DVD- nya yaa. Kalau sobat belum punya ISO Backtrack-nya, bisa download dulu DISINI. Pada Tutorial ini, saya menggunakan Live USB, bagi sobat yang belum tau cara membuat Live USB ini, silahkan lihat DISINI dulu ya. Tetapi kalo sobat sekalian sudah punya, langsung saja kita ke TKP.

1. Nyalakan komputer/laptop kalian, masuk pada sistem BIOS dengan tekan Del, F2, F8, F11 atau tombol F12. itu semua tinggal tergantung pada laptop masing-masing ya. kalau sudah, pilih menu Boot. maka akan tampil kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini




Silahkan ubah posisi Floppy Drives atau sejenisnya menjadi posisi yang pertama. Agar dalam proses booting nanti akan langsung menuju ke USB Live yang sobat buat.

2. Kalau sudah, maka sobat akan dibawa masuk ke dalam tampilan seperti berikut ini
pilih yang paling atas ya, BackTrack Text - Default Boot Text Mode, Lalu tekan Enter.

3. Apabila tampil gambar seperti ini
langsung saja sobat ketikkan "startx" tanpa tanda petik. Untuk dapat melihat tampilan backtrack dalam mode GUI.

4. Oke-oke tidak perlu menunggu lama lagi. langsung saja klik icon Install BackTrack.
5. Nah, sekarang kita dihadapkan pada tampilan untuk memilih bahasa yang akan kita gunakan nanti. Kalau sudah, klik Forward.

 6. Pilih lokasi kalian saat ini maksudnya tu anda berada di negara mana, gitu deh intinya. Kalo udah lagi klik Forward.

7. Langsung aja deh klik Forward, tetapi kalo sobat ingin mengganti Style Keyboard sobat silahkan ganti, tapi resiko ditanggung sendiri ya, terkadang format tidak sama atau tidak cocok dengan keyboard yang kalian gunakan. hati-hati, cari aman saja ya.

8. Sekarang adalah waktunya untuk memilih, bagaimanakah backtrack akan diinstall nantinya. dengan menghapus semua OS yang sudah terinstall sebelumnya dan menggantinya hanya dengan menggunakan Backtrack, ataukah kita ingin Backtrack bisa kita install tanpa menghapus OS yang sudah terinstall sebelumnya. karena kali ini kita ingin membuat Dual Boot atau Triple Boot, jadi kita memilih yang Specify partition manually (advanced) aja.


9. Saatnya melakukan penempatan Bactrack. atau dimana nantinya kita akan meletakkan File System Backtrack kita.

karena sebelumnya kita udah menyiapkan Free Space yang udah kita atur seperti pada tutorial sebelumnya. jadi kita pakai free space tersebut. klik Add untuk membuat File System Backtrack. kita tinggal isikan saja berapa space yang ingin kita pakai untuk File System tapi jangan lupa sisakan space untuk membuat SWAP(virtual memory)-nya yaaa, ga banyak kok cuma 2 kali lipat memory komputer/laptop kalian. Dalam contoh diatas saya memakai space 9736 MB untuk File Systemnya. dan jangan lupa pilih ext3 agar stabil. dan pada mount point-nya, pilih /.
kalau sudah sekarang sisa space tadi kita buat untuk SWAP. kita Add lagi free space-nya tadi, lalu pilih SWAP. oke. tinggal Forward

10. Yups, instalasinya hampir selesai nich. sekarang akan muncul tampilan seperti berikut

Langsung aja tanpa ragu, klik tombol install.

11. Tinggal tunggu instalasi selesai.


udah selesai??? sekarang restart aja. daaaaaan TAdaaaaaa.... berhasilkah??
selamat mencoba. CMIIW

terima kasih buat GilaKomputer atas Gambarnya




Artikel Terkait:

3 comments:

Post a Comment